Posted by : Unknown Selasa, 22 Januari 2013

HATI-HATI Dengan ungkapan "Untung Ada Saya!"


Ungkapan, "Untung Ada Saya" kadang sering muncul dari lisan seseorang yang menganggap dirinya sangat berpengaruh usai mengerjakan sesuatu secara kolektif. Ia beranggapan, jika "tidak ada saya" maka pekerjaan itu tidak akan selesai, lantas dengan ringannya lidahnya berucap, "Untung Ada Saya". Padahal, disadari atau tidak, sikap dan persepsi "Untung Ada Saya" itu merupakan gambaran dari penyakit ujub yang telah menggerogoti hati dan jiwanya, yang pada gilirannya akan bisa merusak amal-amal saleh yang telah dilakukan dan menafikan keikhlasan di dalamnya.
Masalah penyakit ujub dan munculnya berhala di dalam hati merupakan masalah serius yang menghinggapi banyak orang, yang tidak menutup kemungkinan termasuk diri kita. Perlu disadari, bahwa tingkat tertinggi dari bahaya penyakit ujub ini pada akhirnya dapat menjerumuskan seseorang ke lingkup syirik khafi (kemusyrikan yang terselubung) terhadap Allah Subhanahuwata'ala.

Jika ditinjau dari segi bentuknya, syirik khafi adalah kemusyrikan yang keberadaannya tersembunyi dalam diri manusia. Dalam arti keberadaannya tidak diketahui, tapi ia menyelinap di dalamnya. Di antara bentuk syirik khafi adalah ketika seseorang melihat dirinya dengan pandangan mengagungkan, dan meyakini bahwa sebab-sebab yang Allah anugerahkan kepadanya sebagai milik pribadinya, yang ia miliki dania dapat gunakan kapan pun ia mau, dan bahwa dengan itu ia menjadi lebih istimewa dibandingkan orang lain. Keyakinan seperti ini bisa dalam partikel kecil, dan bisa pula dalam seluruh bagian yang membentuk kepribadian manusia. Yah semoga saja kita bukan termasuk orang seperti ini yang berpikiran segala sesuatunya atas hasil jerih payah sendiri tanpa menyadari ada kehendak dan kuasa Allah. Jadi janganlah kita sekali-kali mengatakan "Untung Ada Saya" tetapi katakanlah "Alhamdulillah, semuanya atas kehendak Allah. Saya hanya berusaha."

Wallahu a'lam

Leave a Reply

"Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan silahkan beri komentar dengan bahasa yang sopan"

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

- Copyright © ilmu pen9etahuan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Arief Saepuloh -